Breaking News

Thursday 7 May 2020

Cara Menghitung Volume Galian Untuk Estimasi Rencana Anggaran Biaya


Ariasena. Pekerjaan galian tanah adalah pekerjaan yang dikerjakan sebelum pekerjaan Lower Structure (.. Kecuali pancang yaa..). Nah, disini ariasena mencoba untuk berbagi ilmu tentang perhitungan volume dari galian tersebut.

Dihitung buat apaan mas??

Nah disini, bagi para pegiat konstruksi tentu udeh ngga asing yang namanya Rencana Anggaran Biaya. Estimasi itu dibuat, berdasarkan volume yang dihitung berdasar banyaknya item pekerjaan diakliakan dengan harga dasar per satuan. Atau dengan kata lain :

Volume Pekerjaan (m3, m2, m1, Lot, Ls...) X Harga Satuan Pekerjaan (Rp) : Biaya Total (Rp)

Nah meskipun sederhana, namun kalo ente ente tidak bisa mengetahui prinsip perhitunganya, yang terjadi adalah jumlah volume perhitungan yang salah. Sehingga, ariasena mencoba untuk belajar bareng bareng mengenai perhitungan volume galian pondasi ini,
Cmmiiww.

Rumus Volume Galian

Dimana :

Luas Penampang (m2) x Panjang Galian (m1) x Jumlah Item Galian (Lot) : Volume Total (m3)

Untuk satuan pekerjaan dapat berubah ubah, tetapi untuk gampange kita buat dalam satuan m3 sajah

2. Sketsa Galian Rencana
Untuk mempermudah menghitung volume, tentu harus mengetahui dulu rencana galainya. Ariasena mencoba memberikan contoh, semisal penampang galian seperti di bawah ini :

Denah Rencana Galian Pondasi

Dari gambar tersebut diketahui :
1. Jumlah item galian : 8 Lot
2. Ukuran (panjang) galian : 1m
3. Kedalaman galian : 1m
4. Luas penampang : 1m x 1m = 1m2

Maka, didapat volume galian = 1m2 x 1m x 8 Lot : 8m3

Jadi didapat volume galian : 8m3

Volume galian diatas adalah volume galian untuk menghitung volume galian pondasi telapak, sedangkan untuk menghitung volume pondasi batu kali atau memanjang dapat dilihat pada Volume Galian Pondasi Batu Kali berikut.

Tetapi pada kondisi di lapangan yang memiliki kondisi tanah yang tidak rata, perlu ditinjau dengan menampahkan faktor kontur tanah dikarnakan ada tambahan volume galian berdasarkan kontur tanah existing. Tujuanya apa??

Tujuanya adalah meminimalisir pekerjaan tambah yang terjadi di lapangan, sehingga diharapkan tidak ada addendum, yang bisa saja mengakibatkan kerugian pada proyek yang sedang direncanakan atau dilaksanakan.

Fungsi volume total ini adalah untuk menghitung besaran biaya item galian yang akan direncanakan tadi. Seperti dijelaskan diatas, bahwa biaya pekerjaan adalah jumlah volume galian total dikalikan dengan biaya per satuan, semisal biaya untuk 1m3 galian adalah Rp. 90.000, maka total biaya untuk galian adalah :

Rp.90.000 x 8m3 = Rp.720.000

Terus, angka Rp. 90.000 itu ngitungnya gimana toh ma???

Nantikan Part. 2 untuk Cara Menghitung Harga Satuan Pekerjaan Galian Tanah.

Cmiiiwwww.....

Untuk perhitungan Biaya Perencanaan dan Pekerjaan Galian temen temen bisa lihat di post saya Cara Menghitung Biaya Pekerjaan Galian Untuk Estimasi Rencana Anggaran Biaya































No comments:

Designed By Fatik Sukmo Aji