Ilmu Sipil Dan Arsitektur

SMK N 2 KEBUMEN

Saturday, 16 April 2016

PENERAPAN BETON PADA STRUKTUR BANGUNAN





Sebuah bangunan yang baik, tidak dapat dikatakan sempurna jika belum memenuhi 5 aspek, yakni aspek estetika atau keindahan dimana hal ini menjadi nilai tambah bagi sebuah bangunan, aspek kekuatan dimana konstruksi dan struktur dari bangunan menjadi tameng utama untuk memberi rasa aman bagi pemiliknya, aspek manfaat dimana sebuah bangunan seharusnya mempunya manfaat dan fungsi yang jelas dikarnakan apalah artinya bangunan jika tidak mempunyai manfaat dan aspek efisiensi dimana perencanaan suatu bangunan harus benar benar matang serta dibuat semurah dan seefisien mungkin namun tetap aman dan nyaman digunakan.
            Dari keempat aspek diatas, yang akan menjadi titik berat pembahasan disini adalah aspek kekuatan bangunan. Kekuatan bangunan yang dimaksud disini adalah perencanaan konstruksi dan struktur yang baik agar dapat memikul beban bangunan, baik itu beban bangunan yang membebani maupun beban dari bangunan itu sendiri sehingga bangunan aman dan nyaman ditempati. Dari berbagai macam struktur bangunan, beton atau juga disebut batu cair adalah salah satu struktur bangunan yang penting untuk diperhatikan sehingga nantinya tidak ada kesalahan yang dapat menyebabkan hal hal yang fatal.
            Beton adalah sebuah bahan bangunan yang komposit yang terdiri dari kombinasi agregat mineral pengisi pasir, kerikil, air dan pengikat semen Portland. Pada saat ini, beton merupakan bahan bangunan yang paling banyak digunakan dalam struktur bangunan di dunia. Beton digunakan dalam pembuatan jalan dan perkerasan badan jalan, struktur bangunan, fondasi bangunan, jembatan jembatan penyeberangan maupun tembok blok.

 Jalan Beton
 Perkerasan Jalan Beton

Struktur Bangunan Beton
Pondasi Beton
Jembatan Beton
 Blok Beton

            Dalam proses pembuatanya, beton akan menjadi padat dan membatu setelah semen berhidrasi dengan mengikat komponen lainya sehingga menjadi material keras seperti batu. Pada perkembanganya, banyak ditemukan beton hasil modofikasi seperti beton ringan, beton semprot atau shotcrete, beton fiber, beton berkekuatan tinggi sampai beton mampat sendiri atau self compacted concrete.


Beton Ringan

Shotcrete atau Beton Ringan
Beton Fiber
Beton Mampat Sendiri atau Self Compected Concrete

            Untuk lebih jelasnya mengenai beton, selengkapnya dapat sobat pelajari di buku tutorial Beton Tahan Gempa Ir. Rachmat yang dapat sobat download disini
 
 Oleh Fatik Sukmo Aji

Share:
Post a Comment

Jam Dan Calender

Copyright © 2016 Ariasena Blog . Powered by Blogger.

Radio Streaming

Ilmu Sipil Dan Arsitektur

Blogger templates